Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis pakan ternak gratis dari alam

Jenis pakan untuk hewan peternakan, khususnya kambing, beraneka macam. Ada pakan jenis fermentasi dan pakan hijauan alami.  Hijauan Pakan Ternak (HPT) sangat penting untuk pertumbuhan dan keberhasilan dalam pemeliharaan kambing. Jika pakan hijauan tidak tercukupi, kambing tidak akan bertambah bobotnya.

Kambing-makan-hijauan


Kondisi seperti ini akan merugikan peternak. Apalagi jika usahanya termasuk dalam usaha penggemukan, hasil yang didapat pasti tidak bisa maksimal. Di pedesaan, HPT bisa didapat dengan mudah, apalagi jika rumah peternak berdekatan dengan hutan.

Namun, mudahnya mendapatkan pakan hijauan hanya ketika musim penghujan datang. Bagaimana ketika sudah masuk musim kemarau, sangat sulit untuk mendapatkan hijauan untuk pakan kambing. Untuk itu, perlu antisipasi ketika musim kemarau mulai datang, dengan penyediaan hijauan secara tetap.

Salah satu strategi untuk mengatasi hal ini adalah dengan menanam sendiri hijauan pakan ternak di pekarangan kita. Dengan siistem ini, suplai hijauan tidak akan terhenti meskipun musim kemarau tiba.

Berikut akan penulis paparkan beberapa jenis pakan hijauan yang disukai kambing.

Rumput Gajah Mini

Rumput jenis ini sangat disukai kambing. Konon katanya, rumput ini berasal dari Kanada. Rumput gajah mini memiliki struktur daun dan batang tidak berbulu. Batangnya juga empuk, sehingga sangat disukai oleh kambing. Tingkat produksi pun cukup tinggi. Umur 65 hari sejak masa tanam, rumput ini sudah bisa di panen. Selanjutnya setiap 50 hari bisa di panen kembali. Setelah pemanenan, usahakan untuk memberi pupuk pada rumput gajah mini. Pupuk yang baik adalah pupuk kandang, hasil kotoran dari ternak kambing sendiri.

Rumput Sektaria

Rumput ini sering juga disebut dengan nama rumput setaria lampung. Rumput ini berdiri tegak, bisa mencapai tinggi 2 meter. Memiliki rumpun yang lebat, daunnya lebar, batangnya lunak berwarna merah keungu-unguan. Rumput jenis ini cocok ditanam di tanah dengan ketinggian 1200 mdpl. Produksi hijauan ini dapat mencapai 100 ton/hektar dalam waktu satu tahun. 

Kaliandra 

Rumput ini bisa tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 1500 mdpl. Rumput ini bisa mencapai tinggi hingga 8 meter. Dapat tumbuh diatas tanah meskipun tanah itu kurang subur. Rumput ini mampu tumbuh dengan cepat, dengan akar berbintil sehingga mampu menahan erosi tannah dan air. Manfaat kaliandra untuk hewan ternak adalah sebagai sumber protein. Daun kaliandra mudah dikeringkan dan bisa digunakan sebagai tepung makanan ternak kambing.

Demikian informasi seputar pakan ternak untuk peternakan kambing, agar kebutuhan hijauan kambing selalu tercukupi.

Salam

Posting Komentar untuk "Jenis pakan ternak gratis dari alam"