Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Teknologi Informasi

Pengertian Teknologi informasi adalah berbagai fasilitas yang terdiri dari Hardware dan Software untuk mendukung dan meningkatkan kualitas informasi bagi masyarakat dengan cepat dan berkualitas. 

gitar sebagai teknologi

Dengan kata lain, teknologi informasi adalah suatu studi perancangan, pengembangan,  implementasi, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, khususnya pernagkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). 

Teknologi informasi menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contohnya bukan berupa komputer pribadi saja, tetapi juga telephone, televisi, peralatan elektronik rumah tangga, dan peranti genggam modern (ponsel).

Sejarah Teknologi Informasi


Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Jadi, bahasa merupakan teknologi. Bahasa digunakan untuk memahami informasi yang akan disampaikan oleh orang lain. Namun karena penyampaian bahasa tidak bisa disimpan, sehingga setelah diucapkan akkan sulit untuk diingat dan cenderung terlupakan.

Selanjutnya alat yang digunakan berupa gambar. Gambar merupakan alat informasi yang bisa disimpan dan mampu dipahami oleh orang lain dalam waktu lama. Gambar ini bisa dibawa kemana-mana dan bisa disampaikan ke orang lain juga sebagai bukti kuat pelengka informasi.

Ditemukannya alfabet dan angka, memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara sebelumnya. teknologi alfabet ini memudahkan penulisan terkait informasi yang akan disampaikan.

Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer, mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

Pemanfaatan Teknologi Informasi


Saat ini, teknologi informasi menjadi kebutuhan dasar masyarakat, baik di perkotaan maupun di pedesaan. dalam kehidupan sehari-hari, teknologi tidak bisa terpisahkan dan seakan menjadi kebutuhan dasar, setara dengan kebutuhan pokok untuk bertahan hidup.

Pemanfaatan yang tepat, akan membawa manusia ke arah kondisi yang lebih baik dalam dunia digital. Namun, jika di salah gunakan, akan berdampak buruk dalam kehidupan manusia itu sendiri dan lingkungan di sekitarnya.

Manfaat paling besar adalah terbukanya peluang bisnis secara alami sehingga bisa menambah terciptanya lapangan pekerjaan baru. Terbukti dengan maraknya toko online belakangan ini, merupakan sarana pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia usaha atau bisnis.

Dalam dunia kesehatan, memungkinkan penanganan terhadap pasien dari jarak jauh. Hal ini menjadi sinyal positif di bidang kesehatan. Bahkan, saat ini sedang dirancang sistem teknologi yang memungkinkan seorang dokter melakukan tindakan medis dari tempat yang berbeda dengan pasien.

Beapa pentingnya teknologi informasi dalam kehidupan manusia di jaman sekarang.

Salam.  

Posting Komentar untuk "Pengertian Teknologi Informasi"