Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis traffik di google analytic


Jenis-jenis traffik di google analytic.

Jenis traffik di google analytics

Jika kamu merupakan seseorang yang baru saja terjun ke dunia digital marketing, maka sebaiknya pelajari beberapa istilah-istilah pada tools yang disediakan oleh Google dalam melakukan analisa. Salah satunya adalah Google Analytics.

Seperti yang diketahui, Google Analytics merupakan tools yang seringkali digunakan sebagai metrik acuan untuk mengetahui dan memonitor sumber trafik ke website Anda.

Di bawah ini akan dijelaskan berbagai macam informasi dasar mengenai jenis trafik website yang terdapat pada Google Analytics, antara lain yaitu,

1. Referral


Referral adalah istilah dimana sumber traffic yang didapatkan oleh website kita berasal dari blog atau website orang lain, dimana saat itu user meng-klik link (URL) website yang berada di halaman atau konten website orang lain. Sumber trafik ini dicatat oleh Google Analytics sebagai referral. Pada umumnya link didapatkan pada situs berita, website partner atau blog orang lain.


2. Direct


Merupakan jenis trafik dimana user langsung mengetikkan alamat website (URL) pada browser yang mereka gunakan atau melakukan klik langsung dari bookmark yang terdapat pada browser. Pada beberapa kasus yang pernah terjadi, direct traffic juga tercatat jika Google Analytics tidak dapat menentukan sumber traffic yang digunakan.


Pada umumnya hal ini terjadi akibat adanya technical error pada browser ataupun perangkat serta beberapa penyebab lainnya.

3. Paid Search

Merupakan sumber trafik yang berasal dari iklan pencarian yang berasal dari Google Adwords (search) ataupun platform lain berupa Paid-Per-Click (PPC).


4. Organic Search

Merupakan salah satu sumber trafik yang berasal dari pencarian organik, seperti artikel, blog, news dan lain-lain (bukan berbayar). Pencarian organik sendiri bukan hanya berasal dari Google saja, melainkan juga dapat berasal dari search engine lainnya, seprti Bing atau Yahoo.


5. Social


Merupakan sumber trafik yang berasal dari social media platform, seperti Instagram, Twitter, Facebook dan berbagai media sosial lainnya. Biasanya trafik ini didapatkan pada link website yang disematkan pada halaman profile social media atau juga pada feed/ postingan yang dirilis. Google Analytics mengartikan sumber trafik ini sebagai social traffic.


6. Display

Merupakan sumber trafik yang berasal dari display marketing Google AdWords (GDN). Display sendiri berasal dari banner ataupun jenis iklan lainnya yang telah berbasis Cost-Per-Mille (CPM) atau Cost per seribu kali tayang.


1 komentar untuk "Jenis-jenis traffik di google analytic"

  1. The sorts of issues we are going to audit can make your organization pay more per click than is important, can cause your promotions not to show up and at last prompts loss of income. Google Ads Expert

    BalasHapus