Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara mengaitkan blog ke google search console terbaru 2019

Bagi blogger yang sudah tergolong Mastah, pasti sudah tak asing lagi dengan judul artikel ini. Mengaitkan blog kita ke google search console adalah sebuah keharusan bagi blogger pemula. Dulu namanya webmaster, tapi sekarang, di tahun 2019 telah berubah nama.

Google search console adalah layanan gratis yang dirilis oleh google untuk memantau, mempertahankan dan memecahkan masalah keberadaan blog atau situs kita di google penelusuran. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa baca dan pelajari, apa itu search console. Disana bisa ditemukan fungsi dan cara kerja untuk meningkatkan performa situs atau blog kita.

Kali ini saya akan berbagi, bagaimana mengaitkan blog kita ke google search console dan bagaimana cara untuk mendaftar sebagai pemilik resmi dari blog yang kita miliki. Tentu saja semuanya kita lakukan melalui HP android kita, hehehe

Ikuti langkah demi langkah yang akan saya bagikan ke teman-teman.

1. Masuk ke GoogleSearchConsole
2. Setelah masuk akan muncul tampilan jendela awal search console, seperti gambar dibawah ini. Klik menu "mulai sekarang" untuk memulai menggunakannya. Gunakan email yang sama dengan email yang teman-teman pakai di blog.

mengaitkan blog ke search console
3. Setelah itu, akan muncul jendela untuk menambahkan properti atau url blog kita. Ikuti semua langkahnya.

mengaitkan blog ke search console


4. Ada dua cara untuk menambahkan properti kita. Pertama kalau domain kita sudah TLD (Top Level Domain) bisa masuk lewat menu DOMAIN dan yang kedua dengan menginput melalui https atau jika blog kita masih berekstensi .blogspot.com bisa masuk melalui menu AWALAN URL. keduanya memiliki cara yang berbeda untuk proses verifikasinya. Lihat gambar dibawah.

mengaitkan blog ke search console

Masukkan alamat blog teman-teman sesuai jalur yang di pilih. Untuk gambar diatas, submit domainnya cukup tulis KOPIENESIA.COM (contoh) atau BLOGCAKEP.SITE. tidak perlu menulis http, https, www, cukup nama domain saja.

mengaitkan blog ke search console

Masukkan alamat blog dengan lengkap. Misal, https://blog.blogspot.com, atau https://www.bloganda.com. setelah selesai, klik  tombol "TERUS" seperti gambar dibawah ini.

mengaitkan blog ke search console


5. Jika blog kita masih menggunakan url .blogspot.com, setelah kita submit ke search console diatas akan otomatis di verifikasi oleh blogspot. Tapi, jika kita menggunakan pilihan domain, maka harus menautkan script kode ke DNS penyedia domain kita. Setelah muncul jendela seperti dibawah ini, lalu klik "BUKA PROPERTI"

mengaitkan blog ke search console

6. Langkah selanjutnya akan terbuka menu utama google search console. Sampai tahap ini, teman-teman sudah berhasil membuat akun search console. Untuk melihat menu apa saja yang ada di search console, silahkan klik strip 3 yang ada di pojok kiri atas. Lihat gambar dibawah.

mengaitkan blog ke search console


7. Untuk memverifikasi situs dengan cara lain, klik menu setting di pojok kiri bawah (gambar atas). Lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Anda adalah pemilik terverifikasi, ini proses verifikasi otomatis melalui blogger. Selanjutnya gulir ke bawah untuk memverifikasi situs dengan cara yang lain.

mengaitkan blog ke search console

8. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memverifikasi blog kita. Salah satunya lewat TAG HTML. Salin script kode seperti gambar dibawah, lalu tempel ke dalam kode html di blog kita.

mengaitkan blog ke search console


Letaknya ada di menu "thema" blogger, lalu klik "edit html" tempelkan kode search console tepat dibawah kode <head> lalu klik simpan template di kiri atas menu html blog. Setelah itu, kembali ke search console, lalu klik menu "VERIFIKASI" seperti gambar dibawah.

mengaitkan blog ke search console


9. Jangan lupa, kaitkan juga search console ke google analytic agar data yang didapat dari search console bisa dibaca di google analytic. Belum tahu bagaimana cara membuat akun analytic untuk blog, silahkan teman-teman baca di google.

mengaitkan blog ke search console

10. Setelah semua tahap dilalui, kembali ke menu beranda search console, lalu klik tombol menu strip 3 dipojok kiri atas. Akan muncul tampilan google search console versi mobile. Ada beberapa menu yang berguna untuk meningkatkan kinerja blog kita di search engine google dan juga menu untuk mengontrol kinerja blog kita.

menu search console

Menu-menu yang ada di search console. Berikut penjelasannya singkatnya.

  • SEKILAS : dari sini kita bisa melihat keterangan kinerja blog kita. Dari jumlah tayangan, klik, dan lain-lain.
  • KINERJA : Memuat bagaimana kinerja blog kita serta jenis kueri dan halaman yang tampil di search engine google.
  • INSPEKSI URL : Menu ini berguna untuk men submit url artikel blog sehingga bisa cepat di indeks oleh robot google.
  • PETA SITUS : Menu ini untuk mensubmit peta situs atau sitemap blog kita. Masukkan peta situs kita disini dengan menggunakan .xml (sitemap.xml)

10 langkah diatas adalah cara untuk mengaitkan blog kita ke google search console. Semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semua.

1 komentar untuk "cara mengaitkan blog ke google search console terbaru 2019"

  1. As an Internet advertiser, I have examined many organizations promotion crusades and seen similar mix-ups set aside a few minutes and time once more. Google Ads Expert

    BalasHapus