Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat blog dari handphone android

Ada banyak jalan menuju roma. Pepatah ini memang luar biasa hebat. Bisa kita praktekkan ketika kita ingin membuat blog dari blogspot tetapi tidak mempunyai komputer atau laptop. Kali ini, saya akan berbagi pengalaman membuat blog dari handphone android.

Blog atau weblog sangat populer dikalangan anak muda sejak awal tahun 90 an. Apalagi bagi mereka yang suka menulis, entah artikel, panduan, review, dan mungkin sekedar menulis uneg-uneg yang dirasakan. Ada juga yang menulis perjalanan hidupnya setiap hari di blog.

Masing-masing topik blog mempunyai penggemar setia untuk membaca. Urusan blog kita akan ramai pengunjung apa tidak, itu nanti dipikir belakangan. Yang terpenting adalah, niat kita untuk menuangkan ide dan pemikiran kita agar tersimpan dengan aman dan syukur bisa menginspirasi banyak orang.

Apalagi di jaman sekarang, blog bisa dijadikan media untuk menghasilkan uang, jadi semakin rame diburu oleh kita semua, termasuk saya. Hehe

Oke, tidak perlu berpanjang lebar lagi, kita mulai panduan membuat blog dari handphone android teman-teman. (Sekedar info, artikel ini saya buat di handphone android)

Panduan membuat blog dari handphone android.


Langkah pertama yang harus teman-teman siapkan untuk membuat blog adalah handphone. Jika tidak punya handphone, terutama yang sudah android, dipastikan tidak akan bisa membuat blog dari handphone android..😁

Buka android teman-teman, lalu masuk ke browser. Nah, di android, browser bawaannya adalah chrome. Tapi ada juga yang menginstal firefox ke android. Ini tergantung selera teman-teman mau pakai yang mana. Bisa lewat chrome, bisa juga lewat firefox.

Kalau saya lebih memilih lewat firefox, karena lebih mudah untuk mengakses akun gmail apapun. Tidak cuma tergantung dan terkoneksi dengan akun gmail yang kita pakai di android kita. Intinya, kita gak perlu menautkan email yang akan kita gunakan untuk membuat blog ke android kita. Males juga kalau kebanyakan email di handphone, membuat gadget kita jadi lemot. Meskipun ada solusi supaya handphone gak gampang lemot, tapi lebih baik kita antisipasi.

1. Langkah awal, ketika sudah masuk browser, ketikkan kata blogger.com, nanti akan muncul jendela beranda blogspot dan disitu ada menu untuk masuk dan menu buat blog baru. Teman-teman bisa lihat gambarnya di bawah ini.

cara mudah membuat blog di blogspot

Untuk membuat blog baru, silahkan klik "BUAT BLOG" seperti pada gambar yang saya kasih kotak warna kuning.

2. Setelah klik, akan muncul jendela untuk memasukkan akun gmail kita. Kalau teman-teman sudah pernah memasukkan alamat email, akan muncul di jendela tersebut. Jika ingin membuat akun gmail baru, bisa mengklik menu 'buat akun' di pojok kiri bawah.

cara singkat membuat blog di handphone
3. Masukkan alamat email teman-teman yang akan digunakan sebagai pondasi blog. Kenapa saya sebut demikian, karena nantinya semua notifikasi yang berkaitan dengan blog akan masuk ke email tersebut. Masukkan alamat email yang masih aktif, kemudian klik 'Berikutnya' nanti akan diminta memasukkan password email. Kalau sudah ikuti perintah berikutnya untuk menyelesaikan proses registrasi email.

mudah sekali membuat blog

4. Setelah semua proses di nomor 3 selesai, akan muncul jendela blog kita. Tinggal masukkan nama blog sesuai yang kita inginkan. Tentu disesuaikan dengan tujuan teman-teman membuat blog.  Lalu masukkan alamat blog kita di kolom yang disediakan.

cara mudah membuat blog di android

Catatan : untuk pengisian alamat blog, misal bloganda.blogspot.com, terkadang tidak bisa sesuai keinginan kita. Karena beberapa nama yang akan dipakai sebagai alamat blog, sudah ada yang menggunakan. Di tahap ini teman-teman harus menginput alamat yang masih free atau belum digunakan oleh orang lain.

5. Jika nama blog dan alamat blog kita sudah sesuai, tulisan "buat blog" disebelah kanan bawah akan menyala. Teman-teman bisa mengklik menu tersebut dan akan langsung diarahkan ke menu editing blogspot dan blog teman-teman sudah siap untuk digunakan.

membuat blogspot dengan mudah

Sampai tahap ini, teman-teman sudah mempunyai blog sendiri dan siap untuk berkreasi sesuka hati. Untuk membuat artikel di blog, silahkan klik menu "entry baru" lalu buat tulisan sesuai keinginan. Jangan lupa buat judul dan masukkan gambar biar blog kita jadi keren. Contohnya seperti blog yang saya buat ini.

membuat blog di blogspot

Nah, mudah bukan. Hanya dalam hitungan menit, kita sudah mempunyai blog yang bisa menjadi media dalam menyalurkan ide dan pemikiran kita, agar bisa menginspirasi banyak orang.

Setelah membuat blog, jangan lupa mengaitkan blog ke google search console untuk memverifikasi kepemilikan blog secara resmi.

Selain mengaitkan blog ke search console, yang tidak kalah penting adalah mengaitkan blog ke google analytic untuk melihat trafik blog kita secara real time.

Salam.

Posting Komentar untuk "Membuat blog dari handphone android"