Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara agar video kita mudah ditemukan di youtube

Mau videomu mudah ditemukan di youtube? Dari penelusuran youtube, rekomendasi video, atau dari fitur jelajah yang akan membuat videomu selalu nongkrong di beranda youtube. Untuk bisa seperti itu, kamu harus maksimalkan SEO videomu. Bagaimana caranya ?

Video mudah ditemukan di halaman pertama youtube

Pernah coba cari videomu di pencarian, tapi tidak menemukannya ? Itu karena videomu belum dioptimasi sehingga rangking videomu anjlok. Videomu bisa muncul di halaman pertama youtube dan muncul dimana-mana jika rangking videomu bagus.

Bagaimana caranya biar videomu mendapat rangking bagus di youtube ?

1. Peluang kata kunci.

Temukan kata kunci yang tepat untuk videomu. Dengan menemukan kata kunci yang tepat dan relevan dengan isi videomu. Untuk mencari kata kunci, bisa kamu lakukan dari beranda youtube. Ketikkan kata kunci yang muncul di pencarian. Harus diingat, jangan gunakan kata kunci yang gak muncul di penelusuran, karena gak akan ada yang nonton. Pakai saja kata kunci yang nongol di penelusuran sesuai yang kamu ketikkan tadi.

2. Pakai judul sesuai kata kunci.

Gunakan judul yang mengandung kata kunci tapi enak dibaca dan nyambung dengan isi videomu. Kalau mau menambahkan kata lain, boleh-boleh saja, tapi harus ditempatkan di belakang kata kunci. Sebaiknya, gunakan kata kunci saja. Semakin pendek judul akan semakin relevan dan mudah dikenali youtube.

3. Tulis deskripsi menarik dan mengandung kata kunci.

Kebanyakan youtuber pemula, kurang memperhatikan bagian deskripsi ini. Biasanya dibiarkan kosong karena berpikir orang nge-klik video itu mau nonton dan dengerin suara, bukan mau baca. Alasan ini ada benarnya, tapi untuk memaksimalkan SEO, kamu harus tulis deskripsi yang menarik dan gunakan kata kunci yang tepat. Selain bisa menarik perhatian penonton untuk bisa tahu videomu itu menyampaikan apa, ini penting untuk algoritma youtube membaca topik dan jenis videomu. Jangan abaikan deskripsi.

4. Pakai tag yang relevan.

Tag ini akan dipakai youtube untuk mengelompokkan kategori videomu di topik yang tepat. Pakai kata-kata tag yang baik dan sesuai dengan isi videomu. Sebaiknya gunakan rekomendasi kata kunci yang sudah dilakukan dilangkah pertama tadi. Isikan semuanya ke dalam tag di videomu dijamin videomu akan mudah ditemukan youtube.  

5. Ucapkan keywordnya dan gunakan subtitle.

Youtube akan mencatat apa yang dia dengar setelah video kita di upload. Makanya di youtube bisa muncul subtitle secara otomatis. Masih banyak yang belum tahu tentang fitur yang satu ini. Semakin sering kata kunci diucapkan di video, akan semakin bagus.   

Sebaiknya kamu persempit niche videomu. Untuk menghindari persaingan yang berat dari mereka yang sudah lama di youtube. Cari kata kunci dengan persaingan kecil agar peluang videomu bisa ke rangking semakin besar. Cara menemukan dan mencari kata kunci, bisa dilihat di sini.

Semoga bermanfaat
salam

Posting Komentar untuk "Cara agar video kita mudah ditemukan di youtube"