Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara awal menjadi Youtuber

Halo teman-teman semua. Ada yang ingin jadi youtuber tapi bingung harus memulai darimana ? Atau saat ini sedang berusaha membangun channel di youtube dan bisa sukses bahkan bisa gajian dari youtube ?

cara awal menjadi youtuber

Cara awal menjadi youtuber tidaklah sesulit dan serumit yang dibayangkan. Kuncinya adalah berani memulai sambil mempelajari apa saja permasalahan yang muncul di youtube. Kadang kita sering ragu-ragu untuk mulai membuat channel dan kebingungan mau mengupload content apa.

Hal ini wajar karena belum terjun secara langsung sehingga tidak tahu apa yang ramai ditonton orang dan video dengan tema apa yang bisa sukses di youtube.

Pada artikel ini akan saya jabarkan tentang cara awal menjadi youtuber agar bisa sukses dan channelmu bisa berkembang. Cara-cara disini semuanya gratis dan menggunakan apa-apa aja yang ada disekitarmu dan sudah disediakan youtube.

Ikuti tahapannya satu persatu dan perhatikan apa yang sudah ada di channelmu dan apa yang belum ada di channelmu.

1. Manfaatkan apa yang ada.

Awal menjadi youtuber, tidak harus memiliki camera yang bagus dan mahal. Kamu bisa mulai dengan menggunakan HP mu. Ambil video dengan HP dan edit dengan aplikasi dari playstore di android. Misalnya untuk mengedit dan mengolah video, bisa menggunakan aplikasi Kinemaster atau Power Director yang bisa diunduh gratis dari playstore. Dengan modal HP yang saat ini kamu gunakan, kamu sudah selangkah maju menjadi youtuber.

2. Jangan pakai materi orang.

Menjadi seorang content creator itu tidak mudah, karena harus riset, observasi, dan bisa menemukan content yang tepat dan yang pasti orisinal buatan kamu sendiri. Memang ada banyak content di internet yang bisa di download gratis. Mau video jenis apa pun, semuanya tersedia di internet. Tapi, jangan lakukan itu, karena yang ada di internet sudah ada pemiliknya. kamu bisa kena copyright dari youtube yang berujung channelmu di non aktifkan. Sebisa mungkin, pakai karyamu sendiri. Selain kamu ada kebanggaan, channelmu juga aman di youtube.

3. Tentukan topik yang mau diangkat.

Tentukan satu topik yang akan kamu angkat di channelmu. Jangan campur-campur. Upload soal masak, soal ternak, soal akutansi, terus nanti ada musim pilkada upload soal politik. Jika channelmu topiknya campur-campur dan gak fokus, nanti algoritma youtube akan susah merangking channelmu. Akibatnya, videomu susah untuk bisa direkomendasikan oleh youtube. Sebaiknya fokus di satu topik saja. Misal mau angkat soal Kuliner, bisa kamu persiapkan dengan matang apa saja yang menjadi sub topik dari kuliner.

4. Cari Subscriber organik.

Sebuah channel bisa di monetisasi, jika memenuhi syarat, yaitu memiliki minimal 1000 subscriber dan sudah mencapai 4000 jam tayang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah subscriber secara organik maupun non organik. Tapi saya sarankan cari subscribermu secara organik. Alasannya sederhana, jika subscriber yang kamu miliki memang senang dengan videomu dan mereka mendapatkan manfaat dari channelmu, watchtime mu akan meningkat. Kalau subscribermu dapat dari beli atau tuker-tukeran sub, jam tayangmu akan anjlok. Akibatnya, di mata youtube, channelmu tidak akan dianggep dan susah untuk berkembang.
  

5. Berinteraksi dengan komunitas.

Perbanyak interaksi dengan komunitas. Ada banyak komunitas di internet yang bisa diikuti untuk sharing dan belajar dengan tujuan channelmu bisa berkembang. Bisa ikuti komunitas-komunitas yang ada di facebook, twitter, instagram, quora, dan lain-lain. Sesuaikan komunitas yang kamu ikuti dengan topik channelmu. Misalnya channelmu soal kuliner, ikuti group atau komunitas tentang kuliner. Belajar dari komunitas-komunitas itu dan sedot ilmu atau informasi yang bisa berguna untuk keemajuan channelmu. Tujuan utamanya untuk memperkenalkan dirimu ke komunitas itu. jalin interaksi yang baik, berkomentar yang baik, agar orang mulai mengenal dirimu.

6. Bersabar dan selalu belajar.

Jangan ingin cepat sukses dan channelmu bisa langsung terkenal meski baru mengupload 10 video. Untuk menjadi youtuber, diperlukan waktu yang tidak sebentar, jadi kamu harus bersabar dan terus belajar. Kalau kamu maunya instant, baru 6 bulan sudah sukses jadi youtuber, pada akhirnya nanti kamu akan mentok karena berharap bisa segera sukses tapi kenyataan berbanding terbalik dengan realita.

Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk bisa mengoptimalkan channelmu. Kamu harus melakukan optimasi, harus belajar lalu menerapkan SEO ke channelmu, mempelajari analitic, dan masih banyak lagi. Tidak ada salahnya kamu belajar dari youtuber yang sudah sukses. Bisa kamu cari di internet, ada banyak tutorial soal itu.

7. Jangan lakukan Sub4Sub.

Jangan sekali-sekali lakukan sub4sub untuk channelmu karena nanti subscribermu tidak akan pernah mau menonton channelmu. Mereka mikirnya juga sama, hanya mau sub4sub saja. Apa gunanya punya subscriber banyak, jika mereka tidak peduli dengan channelmu. Menulis di semua group dan medsos "Sub channelku ya, haloo si merah sudah dipadamkan, kunjungi balik ya saling dukung" Atau komentar di channel orang dan minta sub orang lain.

Kalau channel yang kamu tulisin komentarnya memasang filter orang-orang yang mengajak sub4sub, komentarmu akan langsung masuk ke spam. Ini bahaya untuk kelangsungan channelmu. Optimasi kontenmu dengan topik yang bagus dan bermanfaat, nanti subscriber akan datang sendiri. Jenis ini adalah subscriber berkualitas.

8. Jangan terjebak dengan jumlah subscriber.

Penonton yang datang ke channelmu, bukan hanya dari subsccribermu. Ada banyak cara untuk menemukan videomu dan dapat ditonton orang. Dari penelusuran youtube, dari rekomendasi youtube, dari faktor eksternal, dan banyak lagi. Jadi jangan terjebak dengan subscriber. Meskipun subscriber masih sedikit, utamakan jam tontonmu. Kalau orang yang nonton channelmu suka dengan videomu, mereka akan suka rela subscribe cchannelmu.

9. Manfaatkan creator academy.

Ini biasanya tidak pernah dimanfaatkan orang, padahal ada di depan mata. Di channelmu itu ada creator academy yang setiap saat memberikan wawasan dan pengetahuan untuk bisa mengembangkan dan mengoptimalkan channelmu. Pelajari apapun yang ada di creator academy youtube untuk memperlajari bagaimana optimasi channel. Seperti dapat kuliah gratis dari youtube. Jika bisa memanfaatkan ini, kamu akan semakin optimis bahwa channelmu bisa maju.

Langkah awal menjadi youtuber


Tahapan diatas merupakan langkah awal menjadi youtuber agar bisa sukses untuk pemula. Langkah terpenting adalah langkah nomor 3. Menentukan topik atau ide video yang sesuai dengan hobi dan kesenangan yang kamu miliki.

Kebanyakan youtuber pemula tidak memperhatikan hal ini. Mereka sering membuat video berdasarkan pemikiran sendiri yang menurut mereka bagus dan bisa ramai penonton. Setelah syuting dan upload video, ternyata gak ada yang nonton bahkan video nya tidak ditemukan oleh youtube.

Videomu merana terjerembab di jurang terdalam, sendirian, tidak ada yang menemani. Di materi selanjutnya, akan kita bahas secara detail langkah awal menjadi youtuber agar kamu bisa menjadi seorang youtuber sukses dan bisa menghasilkan duit dari youtube.

Penutup  


Demikian pembahasan cara awal menjadi youtuber kali ini, semoga bermanfaat. Jika masih ada pertanyaan bisa teman-teman tulis di kolom komentar.    

Posting Komentar untuk "Cara awal menjadi Youtuber"