Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

menentukan tema video youtube

Sebagai youtuber pemula, pasti pernah mengalami kesulitan menentukan tema video untuk channelmu. Biasanya, untuk mengejar jam tayang dan subscriber, upload apa aja yang lagi nge-trend di youtube. Percayalah, channel yang tidak memiliki tema spesifik, akan susah berkembang karena algoritma youtube kebingungan menentukan kategori video mu.

menentukan tema video youtube

Youtube sendiri, melalui youtube creator academy, merekomendasikan untuk membuat tema yang spesifik. Sebagai awal memulai karir menjadi youtuber, jangan menyasar pasar yang luas dengan berbagai jenis video. Hari ini upload tentang masakan, besok tentang otomotif, besoknya lagi soal tanaman, lalu upload soal prank, cover lagu, tutorial, dan sebagainya. 

Sebaiknya, kamu hindari cara diatas. Fokus dulu pada satu tema yang memang kamu suka dan kuasai. Bermain dulu di ceruk kecil dan cari penonton spesifik yang terkait dengan tema video mu. Jika di komunitas kecil itu kamu berhasil menggait hati penontonmu, mereka akan share video mu ke medsos mereka. Dimulai dari lingkup keccil dulu, nanti pasti akan jadi besar.

Ada tiga hal yang harus kamu perhatikan tentang clarity atau kejelasan channelmu. Coba kamu jawab pertanyaan ini :

1. Channelmu kamu tujukan untuk siapa ?
2. Nilai/manfaat apa yang akan kamu berikan ke penontonmu ?
3. Kapan nilai/manfaat akan kamu sampaikan ke penonton ?

Kalau kamu bisa mempunyai jawaban yang jelas atas pertanyaan diatas, itu sebuah langkah bagus untuk bisa berkembang di youtube. 

Kenali siapa calon penontonmu dengan baik sehingga video yang akan kamu buat bisa diterima dengan antusias. Misalnya nih, kamu mau buat video tentang tips pacaran, pasti kebayang dong kisaran umur penontonmu berapa. Bahasa seperti apa yang akan kamu gunakan. Pakaian seperti apa yang akan kamu kenakan di videomu. Dengan memahami video mu ditujukan ke siapa, maka persiapanmu akan lebih gampang dan sesuai dengan keinginan penontonmu.

Nilai lebih apa yang akan kamu berikan ke penonton. Ini penting untuk mempertahankkan watchtime dan interaksi dengan calon penontonmu. Misalnya kamu kasih tips ampuh dan manjur soal cara nembak cewek langsung diterima. Dengan memperhatikan nilai atau manfaat lebih untuk penontonmu, channelmu akan digemari orang dan akan kebanjiran penonton.

Tentukan juga kapan mau bikin video dan kapan jadwal upload. Jangan seminggu ini rutin upload setiap hari, habis itu 2 bulan sekali bahkan gak upload-upload lagi. Kasih tahu penontonmu, videomu akan tayang setiap hari apa. Ini disesuaikan dengan kemampuanmu dalam membuat video. Kalau bisanya seminggu sekali, ya katakan kamu akan upload seminggu sekali setiap hari rabu. Kalau sebulan sekali, infokan setiap tanggal berapa. Ini penting untuk menjaga mood penontonmu.

Pelajari persaingan channel

Ada baiknya, sebelum kamu memutuskan untuk membuat tema untuk videomu, kamu pelajari dulu pesaingmu siapa saja dan seberapa banyak. Cari tahu melalui youtube, google, dan sebagainya. Apakah channel yang sedang kamu persiapkan sudah ada yang bikin. Jika sudah ada, cari perbedaan yang bisa membuat penonton lebih tertarik dengan channelmu. Bisa dari tampilan video atau dari sisi kontenmu. 

Pelajari baik-baik semua kompetitormu, mulai dari cara ngomong, penampilan, materi yang disampaikan, durasi video, view masing-masing videonya, komentar yang paling ramai, dan sebagainya. Semakin detail data yang bisa kamu kumpulkan dari channel lain yang sejenis dengan channelmu, akan semakin bagus untuk menentukan kelebihan apa yang bisa kamu berikan ke penonton.

Mudah bikin kontennya

Pastikan kamu mudah membuat konten yang kamu rencanakan. Ini untuk menjaga konsistensi dalam membuat materi dan proses syuting video. Kamu udah bikin konsep yang bagus, misalnya tentang prank ojol, tapi kamu kesulitan mengatur jadwal syutingnya, kesulitan mengumpulkan pemerannya, akhirnya gagal syuting dan gagal tayang. Jadi, harus kamu sesuaikan dengan kemampuanmu dalam proses produksi video. Jangan sampai penonton kecewa karena nunggu videomu gak upload-upload.

Hal yang paling penting dan harus kamu pertimbangkan, bikin tema video sesuai hoby mu. Pasti tidak akan mudah bosan dan tidak akan kehabisan ide. Kamu akan kebanjiran ide jika kamu memilih topik sesuai passionmu. 

Ada 2 cara yang bisa digunakan untuk menentukan tema video :
1.    Konten sesuai hoby atau sesuka hati kamu.
2.    Konten sesuai harapan penonton. 

Kamu harus tentukan mau ambil opsi yang mana. Kalau mau bikin konten video sesuai hoby dan sesuka-suka kamu, boleh-boleh saja. Pasti ada penonton setia yang sesuai dengan hobymu tadi. Meskipun, dibutuhkan waktu cukup lama untuk mendapatkan viewer dan subscriber.

Bisa juga bikin konte sesuai harapan penonton. Lakukan riset dulu untuk mengetahui apa yang dibutuhkan penontonmu. Cara riset keyword untuk mencari apa yang diharapkan penonton, bisa dilihat disini. 

Pertimbangan paling besar untuk menentukan tema video adalah channelmu bisa puasin diri kamu sendiri dan penontonmu. Sama-sama puas, kerja keras terbayar lunas. 

Semoga bermanfaat
Salam 

Posting Komentar untuk "menentukan tema video youtube"