Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Optimasi artikel blog

Optimasi artikel blog agar bisa masuk halaman pertama google. Buat teman-teman yang berkecimpung di dunia blogger, pasti sudah paham dengan hal ini. Tetapi bagi pemula, pasti belum banyak yang tahu. Mungkin juga, belum tahu cara membuat blog dari Hp, ini yang terbaru.

Membuat artikel blog dan bisa berada di halaman pertama google, menjadi tujuan utama semua blogger. Artikel yang berada di posisi atas, berpeluang mendapatkan banyak viewers yang akan mendongkrak popularitas sebuah blog. Optimasi kata kunci dan membuat artikel berkualitas adalah kuncinya. Bagaimana caranya? Baca sampai habis.

Cara optimasi artikel di blog

Optimasi artikel blog


Optimasi blog sangat penting dilakukan. Apalagi jika blog yang dikelola ingin dikembangkan lebih jauh untuk mendapatkan penghasilan dari adsense. Salah satu yang wajib dilakukan adalah membuat artikel bisa berada di halaman pertama google. Jika artikel kita berada di halaman pertama, trafik blog akan meningkat karena mudah ditemukan pengunjung blog.

Bagaimana caranya agar artikel blog bisa berada di halaman pertama google? Ya, dengan mengoptimasi artikel menggunakan teknik SEO yang sudah umum dikenal dikalangan blogger. Optimasi SEO blog bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu SEO onpage dan SEO offpage.

Kali ini, kita akan bahas SEO onpage dengan memaksimalkan kulitas artikel dengan optimasi kata kunci. Kata kunci atau keyword sangat penting digunakan dalam penulisan artikel blog.

Bagi yang baru mulai menekuni blog, kata kunci mungkin terdengar asing. Mengetahui kata kunci yang tepat untuk blog, bisa menjadi pondasi kuat dalam mengembangkan blog. Kata kunci adalah kata yang sudah ada di google ketika kita mengetik di bar pencarian.

Pemilihan kata kunci yang tepat akan berpotensi mendorong artikel kita mudah ditemukan di google. Trafik organik pun akan mudah kita dapatkan.

Menentukan kata kunci


Kembali ke topik awal, bagaimana mengoptimasi artikel dengan kata kunci. Pertama-tama tentukan dulu kata kunci yang akan digunakan. Cukup gunakan google suggestion. Misal kita mau bikin artikel dengan tema makanan ringan. Coba kita lihat pilihan kata kunci yang muncul di google.
Pemilihan kata kunci blog

Kata yang dicetak tebal itu adalah pilihan kata kunci yang bisa kita gunakan di artikel. Sebagai blogger pemula, jangan gunakan tema dan judul tanpa memperhatikan kata kunci. Kenapa ? Akan lebih sulit ditemukan di google pencarian. Contoh kata kunci dari gambar diatas, bisa kita gunakan dan disesuaikan dengan pembahasan artikel blog kita.

Setelah menentukan kata kunci, yang harus kita perhatikan adalah penempatan kata kunci untuk optimasi artikel. 

Baca dulu ini : Efek ganti domain TLD

Dimana penempatan kata kunci yang tepat di blog kita? Coba perhatikan ini :

Penempatan kata kunci :
1. Judul artikel
2. Meta tittle (dibagian atas browser)
3. Meta description (di penulisan blog)
4. Url artikel
5. Judul gambar dan nama file
6. Inbound link (link mengarah ke website kita)
7. Content artikel

Tempatkan kata kunci di 7 tempat yang saya sebutkan diatas agar optimasi artikel menjadi sempurna. Harus diingat, yang sering terlupa adalah memberi judul gambar/name file. Hal ini kadang sering terlupa oleh sebagian besar orang.

Buat konten berkualitas.


Setelah memilih kata kunci dan mengetahui penempatan yang tepat untuk kata kunci, langkah selanjutnya adalah membuat artikel yang berkualitas. Kata kunci hanya pendorong saja agar artikel kita mudah ditemukan pembaca. Tetapi, apakah para pembaca artikel kita akan betah berlama-lama membaca artikel kita, ini menjadi faktor paling penting bagi kesuksesan sebuah blog.

Jika pembaca sudah meng klik artikel kita, lalu kecewa setelah membaca artikel kita yang ternyata kualitasnya rendah, mereka akan buru-buru meninggalkan artikel kita. Apa yang akan terjadi jika semua pembaca kita seperti itu? Bounce rate kita akan tinggi dan alhasil google akan menilai kualitas blog kita rendah. Rekomendasi artikel di mesin pencarian pun akan dihentikan oleh google.

Ungkapan content is king itu benar adanya. Seberapa canggih optimasi SEO kita, jika isi dan kualitas artikel kita tidak bagus, para pembaca akan meninggalkan blog kita. Jadi, jangan bikin pembaca kita kapok mengunjungi blog kita. Selalu sodori mereka dengan konten yang berkualitas, agar mereka rindu untuk kembali menjelajahi seluruh artikel yang ada di blog kita.

Bagaimana cara membuat konten yang berkualitas, perhatikan aturan berikut ini.

Kriteria konten berkualitas :

1. Relevansi dan konteks

Artikel yang dibuat harus mempunyai relevansi antara judul dan pembahasan. Jangan sampai judul berbeda dengan isi artikel.

2. Panjang konten (900 kata)

Buat artikel minimal 900 kata. Semakin panjang semakin bagus, tetapi harus masih nyambung secara keseluruhan. 900 kata sudah cukup untuk membuat artikel dengan pembahasan lengkap.

3. Gambar dan video

Sertakan gambar dan video di dalam artikel, supaya pembaca tidak mudah bosan. Bayangkan jika artikelmu hanya berupa tulisan yang panjang, tidak ada variasi untuk memanjakan pembaca.

4. Readability

- jenis huruf
- ukuran
- alur, spasi, kerning, perataan, dll
- kontras warna latar belakang

5. Formating

- menggunakan heading H1, H2, H3
- menggunakan bullet n numbered
- format tebal, miring, garis bawah
- 1 paragraf maks 150 kata

6. Share ke Sosial media content

Setelah menulis artikel, segera share ke media sosial yang kamu miliki agar artikel semakin cepat terindeks dan dibuka oleh follower media sosial kita.

7. Internal n eksternal link

Buat internal dan eksternal link di dalam artikel, tetapi yang masih nyambung dengan topik artikel.

8. Kualitas komentar

Pertahankan kualitas komentar yang ada di artikel kita dengan baik. Komentar yang terindikasi spam sebaiknya dihapus saja.

Nah, format artikel sudah berkualitas dan kata kunci sudah berada di tempat yang tepat. Selanjutnya tinggal submit artikel di google search console supaya artikel kita cepat terindeks oleh google. Bagaimana mengaitkan blog ke search console dengan benar menjadi kuncinya.

Demikian tulisan mengenai optimasi artikel blog agar cepat berada dihalaman pertama google melalui optimasi artikel dengan kata kunci dan bagaimana membuat artikel berkualitas. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Optimasi artikel blog"