Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapan youtuber pemula

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang youtuber ? Seperti apa membuat perencanaan yang tepat dan peralatan apa saja yang dibutuhkan agar tidak kalah bersaing dengan channel lain meski kamu masih seorang pemula ? Akan saya bahas tuntas di artikel ini. Siapin kopi dan camilan dulu ya, biar nyaman dan tenang bacanya. Lets go...

persiapan menjadi youtuber pemula

Langkah awal menjadi seorang content creator adalah mempunyai perencanaan yang matang dari awal sampai akhir. Kamu harus tahu mau membuat channel dengan topik apa. Mau kamu isi video tentang apa, formatnya gimana, tampilannya bagaimana. Jangan sampai asal-asalan yang penting upload video. Ini akan merugikanmu dikemudian hari. 

Agar channelmu bisa berkembang dan bisa sukses di youtube, perhatikan point penting berikut ini.

1. Tahapan membuat channel.

Banyak youtuber besar, membuat perencanaan diawal sebelum membuat channel dengan sangat detail dan matang. Kebanyakan dari mereka meluangkan waktu 2 - 3 hari untuk menentukan arah dan tujuan channel yag ingin dibangun. Apa saja yang harus dipersiapkan ? 

a. Menentukan 1 niche atau topik channel.

Tahap awal membuat channel, sebaiknya fokus di satu niche saja. Jangan membuat topik yang campur-campur. Ini penting untuk membranding channelmu agar penonton tahu topik apa yang dibahas di channelmu. Berikut beberapa niche populer dan selalu ramai dikunjungi orang yang bisa dijadikan refrensi.
- Niche Kesehatan
- Niche Kuliner
- Niche Travelling
- Niche Tutorial
- Niche Gaming
- Niche Teknologi
Tapi, sebaiknya sesuaikan dengan hobby dan minat yang kamu miliki. Jika hanya mengejar niche yang ramai tapi kamu tidak menguasai, bisa-bisa berhenti ditengah jalan karena bingung dan jenuh mencari bahan untuk membuat konten. Tentukan topik yang akan menjadi ciri khas mu berdasarkan minat dan kesukaan. Kamu baca dulu menentukan tema video youtube dengan mudah agar bisa tampil dihalaman satu google.
  

b. Membuat kategori video berdasarkan niche.

Setelah menentukan niche yang tepat, selanjutnya buat tema per kategori yang akan memudahkan dalam menjadwalkan penyiapan konten dan proses syuting. Dengan membuat perencanaan tema video per kategori, kamu tidak akan pusing lagi untuk menentukan topik video selanjutnya.

sema penyusunan artikel

Contohnya seperti gambar diatas, niche yang dipakai Online Marketing. Ada beberapa pecahan kategorinya, website bog, social media, content, SEO, dan sebagainya.Membuat perencanaan seperti ini, dijamin kamu gak akan kehabisan ide.
  

c. Membuat daftar kata kunci sesuai niche channel.

Tentukan kata kunci utama yang akan digunakan di masing-masing video. Kata kunci ini harus nyambung dengan niche channel yang sudah ditentukan di langkah pertama. Bagaimana cara menentukan kata kunci yang tepat dan memiliki nilai pencarian tinggi? Kamu bisa gunakan tools tubebuddy. Bisa download gratis di playstore atau bisa lewat tautan diakhir artikel. 

Bagaimana cara riset kata kunci yang tepat menggunakan tubebuddy, bisa kamu lihat disini : Riset keyword menggunaan tubebuddy.
  

d. Memilih target penonton sesuai niche channelmu.

Menentukan target penonton sangat penting untuk kesuksesan channelmu. Siapa yang akan menonton videomu harus kamu riset berdasarkan niche yang kamu pilih. Sebagai pemula, jangan bermain dengan target penonton yang besar karena kamu akan kesulitan mengalahkan youtuber kawakan yang sudah mempunyai market sendiri. 

Persempit dulu target penontonmu. Misal niche channelmu soal kuliner, menu masakan keluarga. target penontonmu adalah ibu rumah tangga dan anak kost yang masak sendiri. Semakin sempit semakin bagus karena kamu akan mendapatkan penonton yang memang antusias dengan topik yang kamu angkat. 

e. Menentukan format dan tampilan video. 

Jika sudah mengetahui niche, judul video, dan calon penontonya siapa saja, ini akan memudahkan dalam menentukan format video di channelmu. Kalau penontonmu ibu-ibu gak mungkin kamu sapa dengan "hallo guys" atau "yo whatshap bro" hahaha gak cocok.

Menargetkan penonton ibu-ibu harus to the point. Masak apa, bahannya apa, cara buatnya gimana, penyajiannya seperti apa. biar gak monoton hanya memasak, kamu bisa membuat sedikit drama biar lebih epic. Sesuaikan format video, gaya bahasa, penampilan, dengan topik channel dan penontonmu.  
Nah, tahapan membuat channel sudah kita bahas, selanjutnya masuk ke tahap kedua yaitu persiapan lanjutan setelah perencanaaan selesai dibuat.

2. Target youtuber pemula.

Setelah membuat materi dengan detail dan matang, langkah selanjutnya adalah menentukan target yang ingin dicapai. Jangan sampai perencanaan sudah matang, tapi berhenti di perencanaan saja. Gak ada gunanya kalau kayak gitu. Apa saja yang harus dilakukan agar target bisa tercapai ?

a. Segera mulai membuat video pertama.

Target utama seorang youtuber adalah mempunyai video yang tayang di channelnya. Segera buat video pertamamu sesuai yang sudah direncanakan. Judul video, pembahasan video, format video dan editing video, segera dibuat dengan penuh keyakinan. Dari video perdana ini, kamu akan mengetahui respon penontonmu seperti apa. Apapun hasilnya, kamu sudah resmi menjadi seorang content creator.

b. Promosikan videomu ke semua orang.

Segera setelah videomu nongkrong di channel youtube milikmu, promosikan ke orang-orang terdekat. teman, keluarga, dan semua orang di media sosialmu. Supaya mereka melihat video perdanamu dan memberikan respon bagaimana kualitas videomu. Dari situ bisa kamu jadikan bahan evaluasi dan masukan untuk menggarap video kedua. Sesuaikan dengan keinginan penonton.

c. Berpartisipasi dengan content creator lain.

Perbanyak diskusi dan sharing dengan youtuber lain. Pelajari apapun hal-hal yang belum kamu ketahui dari mereka. Apalagi jika bisa mengenal youtuber yang sudah punya nama, ilmu dan pengalamannya bisa kamu jadikan spirit untuk membangun channelmu. Jangan malu bertanya dan jangan malas belajar. 
 

d. Ikut dan aktif di komunitas youtube.

Point ini tidak kalah penting. Dengan aktif di komunitas youtube, banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan terkait algoritma youtube, membuat konten berkualitas, dan segudang pengetahuan tentang youtube. Update terbaru dari youtube pun bisa segera kamu dapatkan jika aktif di komunitas youtube. Setiap saat tim youtube memperbarui algoritma dan peraturannya. Jika kamu ketinggalan info-info itu, channelmu akan selalu dibelakang.
      

e. Jalin interaksi dengan penonton.

Interaksi dengan penonton sangat dibutuhkan. Seberapa banyak komentar di video dan seberapa konsisten kamu menjaga interaksi dengan mereka, menjadi kunci kesuksesan sebuah channel. Jangan sampai komentar-komentar dari penonton kamu cuekin, nanti dianggap tuan rumahnya tidak ramah dan gak welcome. Menjaga baik interaksi dengan penonton, berpeluang videomu di share oleh mereka. Semakin banyak di share, akan semakin banyak orang yang tahu tentang videomu.  


Selanjutnya, mari kita bahas mengenai peralatan apa saja yang dibutuhkan oleh youtuber pemula dengan modal HP. Rata-rata pemula, belum memiliki peralatan canggih seperti mereka yang sudah lama bergelut di youtube.

3. Aplikasi yang wajib dimiliki youtuber pemula. 

Berikut ini 5 aplikasi yang wajib dimiliki oleh youtuber pemula di HP android. Dengan menginstal aplikasi ini, kapan pun dan dimana pun kamu bisa membuat konten yang sudah kamu susun draft perencanaannya. Apa saja 5 aplikasi itu ?

1. PixelLab

pixelLab aplikasi pembuat thumbnail

Aplikasi pixelLab sangat cocok untuk membuat thumbnail. Pengoperasiannya mudah, menunya komplit, dan hasilnya sangat memuaskan. PixelLab bisa diunduh secara gratis DISINI.

2. Snapseed


aplikasi snapseed untuk edit foto

Snapseed adalah aplikasi untuk mengedit foto dengan beragam fitur didalamnya. Setelah proses pembuatan thumbnail selesai, edit di snapseed dulu agar ukuran dan resolosinya bisa disesuaikan. Snapseed bisa kamu download DISINI. 

3. Kinemaster


tampilan aplikasi kinemaster

Mau edit video dari HP, segera instal kinemaster. Pengoperasian kinemaster sangat mudah, banyak fitur keren didalamnya. Tingkatkan ke versi pro untuk menghilangkan watermark nya. Kinemaster bisa kamu download gratis DISINI.  

4. Tubebuddy

tools riset kata kunci tubebuddy

Aplikasi satu ini sangat power full untuk riset keyword dan mempelajari persaingan. Ada versi gratis dan ada versi berbayar. Sebelum menentukan judul, riset dulu menggunakan tubebuddy supaya video kamu bisa bersaing di halaman utama google. Tubebuddy bisa kamu download DISINI.

5. Youtube Studio 

youtuber pemula wajib memiliki aplikasi ini

Youtube studio berguna untuk melihat dan memantau aktifitas di channelmu. ada menu analytic, edit thumbnail, playlist video, serta mengelola komentar. Dengan YT Studio, kamu bisa pantau setiap detik bagaimana kinerja channelmu. YT Studo bisa kamu download gratis DISINI.

Sekian pembahasan persiapan menjadi youtuber pemula kali ini, Salam.

1 komentar untuk "Persiapan youtuber pemula "

  1. On one hand you need to ensure web search tools can creep your site with no issues. On the other you need to keep the site looking great to keep your guests.
    blog comments service in 1$

    BalasHapus