Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat tema video youtube

Cara membuat tema video youtube yang akan ramai ditonton dan bisa mendapatkan banyak subscriber tidaklah sesulit yang dibayangkan. Seperti yang kita tahu, youtube menjadi salah satu media yang ramai dikunjungi orang. Untuk bisa sukses di youtube, kunci utamanya adalah bisa menentukan tema video yang tepat.

Tema untuk video sangat menentukan keberhasilan kita menjadi youtuber sukses. Jika tepat dalam memilih dan menentukan tema, selain kita mudah membuat videonya, bia juga berpeluang menghasilkan duit dari youtube. Tapi jangan fokus pada duitnya terlebih dahulu, ketahui dulu cara membuat tema video youtube yang tepat.

Cara membuat tema video youtube


Cara menentukan tema video youtube


Di artikel ini, saya akan mengupas tuntas bagaimana cara menentukan tema video youtube khususnya bagi youtuber pemula. Sebelum kita bahas lebih detail, saya ingin mengingatkan kepada teman-teman yang berniat menjadi youtubers sukses, buatlah tema yang spesifik.

Tema video yang spesifik akan mempercepat video kita mendapatkan penonton. Tentunya penonton yang spesifik dan tertarget juga. Semakin spesifik target penonton video kita, maka peluang untuk mendapatkan subscribe berkualitas akan terbuka lebar.

Mungkin ada yang belum tahu, tema untuk video itu berbeda dengan tema channel. Meskipun tetap di satu niche atau tetap berada pada satu topik bahasan yang sama. Langsung ke contohnya saja ya.

Misalnya tema channel atau topik channel soal "motivasi cinta." Kita bisa membuat topik turunan dari topik utama motivasi cinta, yaitu :

1. Cara menembak gebetan
2. Menjaga hubungan pacaran tetap romantis
3. Putus cinta
4. Cara move on

Dari contoh diatas bisa kita ketahui bahwa ketika topik yang kita pilih sangat spesifik, maka kita bisa membuat tema untuk video dengan mudah. Dari ke empat topik video diatas, bisa kita pecah lagi menjadi beberapa sub judul. 

Agak aneh kalau ada youtuber yang bingung mau bikin video tentang apa untuk upload video selanjutnya. Itu berarti tema channel dan tema video belum spesifik dan belum ketemu. Kalau kamu sendiri bingung, lalu bagaimana dengan penontonmu? Mereka akaan kebingungan juga.

Tema untuk youtuber pemula


Ada banyak tema video youtube yang bisa teman-teman pilih sebelum menentukan membuat akun youtube. Hal ini penting diketahui agar bisa mendapatkan trafik melimpah dan berakibat channel youtubemu bisa menjadi besar dan terkenal. Menentukan tema yang tepat mungkin agak menyulitkan bagi youtuber pemula. Gak papa, hal seperti itu sangat wajar, semua youtuber mengalami.

Biasanya nih ya, mereka mulai fokus menentukan tema setelah membuat 2 - 4 channel di youtube. Di awal-awal pasti memilih tema yang sesuai dengan passion dan kesenangan yang dimiliki. Begitu videonya mentok, tidak segera berkembang, baru mau belajar dan baru mengerti pentingnya tema untuk youtuber pemula. Lalu mencari-cari video maupun artikel tentang cara membuat tema video youtube.

Itulah yang terjadi pada diriku kawan-kawanku semua..hahaha

Biar kalian gak salah jalan seperti yang pernah saya alami, sebaiknya rencanakan dulu dengan baik agar tidak gonta-ganti channel karena merasa tema nya kurang tepat dan gak bisa menghadirkan penonton di channelmu. Ikuti saran di bawah ini.

Tema video youtube paling populer


Jika ingin sukses di youtube, jangan asal bikin tema video. Memilih tema video youtube paling populer wajib dilakukan oleh youtuber pemula. Berikut ini 8 video paling populer yang bisa teman-teman pertimbangkan untu dijadikan tema video youtube.

1. Video Kejadian lucu

Tema video youtube paling awet dan gak pernah kemakan jaman adalah video lucu atau komedi. Tema jenis ini termasuk dalam konten evergreen yang bisa di tonton kapanpun dari tahun ke tahun. Bahkan video kejadian lucu yang terjadi disekitar kita pun, bisa mengundang banyak views. Tema ini menyasar penonton dari segala usia. Patut diperhitungkan, saudara-saudara.
 

2. Video Olahraga

Tema video youtube tentang olahraga juga banyak diminati penonton. Sepak bola, bulu tangkis, UFC, dan sebagainya. Ulasan-ulasan seputar olahraga, mulai dari profil pemain, profil tim, dan membahas fans dari klub-klub besar, sangat menarik dan gak pernah ada habisnya untuk dibahas. Buat kamu yang suka olahraga, tema ini patut dicoba.

3. Video Musik

Tema video youtube yang menurut saya menduduki peringkat tinggi adalah video musik. Masing-masing genre musik memiliki penonton yang loyal. Bahkan mengupload file dalam bentuk mp3 juga mendapat respon yang bagus dari penonton. Jika memilih tema ini, harus selalu update musik terbaru yang sedang naik daun atau bisa juga dengan melihat perkembangan musik TOP 40.

4. Video Tutorial

Tema video youtube tentang tutorial bisa mendatangkan view berlimpah. Apalagi jika penjelasannya lengkap dan bisa menunjukkan bukti apa yang diajarkan berhasil, Channelmu akan melejit tanpa bisa kamu kendalikan. Video tutorial apa yang paling rame? Tutorial youtuber, tutorial android, DIY, dan sebagainya.


5. Video Unik

Tema video youtube yang gak kalah populer selanjutnya adalah video unik. Banyak orang tertarik dengan tema video yang satu ini. Mereka sangat penasaran dan semakin unik video yang disajikan, otomatis akan di klik orang. Contoh video unik, buah pisang muncul dari dalam batang pohon, ular berkepala dua, dan sebagainya.
   

6. Video Berita

Tema video youtube yang juga memiliki view tinggi adalah video berita. Ada banyak topik yang bisa dibahas dan materinya pun bisa kita dapatkan dengan mudah. Tapi, jika memilih tema video jenis berita, kamu harus selalu update berita terbaru dan menjadi yang pertama kali upload. Bisa mengamati perkembangan berita terbaru dari medsos, seperti twitter, instagram, facebook, dan sebagainya.

7. Video Gamming

Tema video youtube tentang gamming sangat populer. Pangsa pasarnya melimpah baik di dalam maupun diluar negeri. Mengulas bagaimana tips dan trik game tertentu, akan menambah view dan subscriber naik dengan cepat. Jika kamu suka main game, tidak ada salahnya membuat channel youtube seputar gamming.
 

8. Video Travelling 

Tema video youtube tentang travelling, makin banyak diminati. Pesaingnya pun cukup banyak, tetapi mereka memiliki segmen yang berbeda-beda. Jika kamu suka jalan-jalan, sekalian aja buat tema video youtube dengan topik travelling. Bisa juga mengulas tempat-tempat yang wajib dikunjungi desekitarmu, jadi gak perlu mengeluarkan banyak modal.

Nah, sekarang sudah tahu tema video youtube yang populer dan tahu bagaimana membuat topik turunan untuk channel teman-teman semua. Saran terbaik dari saya adalah segera mulai dan segera buat videonya. Kamu gak akan tahu hasil yang sebenarnya jika belum mencoba.

Buat teman-teman yang sudah memulai membuat video di youtube, share di kolom komentar ya, nanti saya intip channelnya. Semoga informasi ini bermanfaat, sampai jumpa. 

1 komentar untuk "Cara membuat tema video youtube"